Jumat, 27 Juli 2012

waspadai gejala awal penyakit jantung

Gejala Awal Penyakit Jantung :  
1. nyeri dada
2. pegal pundak
3. sesak nafas
4. keringat dingin
5. pusing / sakit kepala
6. berdebar
7. mual-mual (nausea) heart burn
8. sakit dada seperti tertindih barang
9. bengkak pada pergelangan kaki dan kesemutan di ujung jari
10. memar
11. kelelahan yg tidak biasa
12. sakit gigi kronis (tidak ada lubang gigi)
13. gusi berdarah
14. pola tidur terganggu
apabila anda mengalami 5 dari 14 gejala di atas, maka berhati-hatilah…


Keluhan awal serangan jantung:

Rasa berat, tertekan, nyeri, diremas-remas di dada tengah yang dalam istilah medis disebut Angina Pektoris, sebagai tanda otot jantung kekurangan oksigen. Bila keluhan ini berlangsung kurang dari 15 menit, belum terjadi kerusakan sel-sel otot jantung dan disebut Iskemia Miokard. Bila berlangsung 15 menit atau lebih, maka sudah terjadi kerusakan sel miokard, dan disebut Infark Miokard. Nyeri dada ini biasanya menjalar ke leher, bahu dan lengan/tangan kiri. Keluhan lain yang menyertai adalah: rasa kepala melayang, sempoyongan, pingsan, keringat banyak, mual dan muntah, napas pendek/sesak. Kadang-kadang keluhan serangan jantung tidak khas, hanya badan rasa tak enak seperti "masuk angin". Tidak jarang pula penderita mengeluh seperti gejala sakit maag/gastritis. Namun perlu diingat bahwa bila keluhan itu timbul atau bertambah berat pada saat melakukan aktifitas fisik, dan hilang dengan istirahat atau minum obat golongan nitrogliserin, maka dugaan PJK lebih kuat.

Tanda Awal Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi dimana jantung tak mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Kondisi ini dapat terjadi pada keadaan dimana otot jantung berkurang kekuatannya untuk memompa, misalnya akibat infark miokard yang luas, kerusakan sel miokard akibat tekanan darah tinggi yang berlangsung bertahun-tahun, atau sebab-sebab lain.

Keluhan awal gagal jantung:

Bengkak di tungkai/kaki (edema) Sesak karena darah terkumpul di jaringan paru (edema paru) Tanda Awal Stroke Stroke dan Transient Ischemic Attack (TIA-awal stroke) terjadi bila pembuluh darah yang mensuplai otak tersumbat atau pecah, sehingga sebagain otak tak berfungsi dan organ yang dikontrolnya terganggu.

Penyebab utama stroke adalah tekanan darah tinggi, rokok yang mengakibatkan kemudahan darah menggumpal, dan penyakit jantung yang menimbulkan gumpalan darah dalam ruang jantung (trombus) dan akhirnya lepas sebagai serpihan gumpalan (emboli) yang menyumbat pembuluh darah otak.

Tanda awal stroke:

Rasa lemah pada lengan/tangan, dan tungkai yang kemudian berlanjut dengan kelumpuhan Salah satu sisi muka/badan tak terasa Tiba-tiba satu sisi mata atau keduanya tak dapat melihat/kabur Sulit bicara Tak mengerti pembicaraan orang Pusing/kehilangan keseimbangan Tiba-tiba kepala pening Kematian Jantung Mendadak

Kematian jantung mendadak adalah berhentinya fungsi jantung (henti jantung) secara tiba-tiba pada seseorang yang telah/belum diketahui menderita penyakit jantung. Waktu dan bentuk kejadiannya tidak diduga-duga, yakni segera setelah timbul keluhan. Di Amerika Serikat kematian jantung mendadak mencapai 250.000 per tahun.

Penyebab utama kematian mendadak adalah penyakit jantung, khususnya penyakit jantung koroner. Kira-kira setengah dari kematian akibat PJK terjadi mendadak dan tak diduga, tanpa diketahui bagaimana mekanismenya.

Kematian jantung mendadak terjadi bila henti jantung tak segera ditolong dengan resusitasi (upaya menghidupkan/memfungsikan kembali jantung). Sebagian besar kematian jantung mendadak disebabkan oleh aktivitas denyut jantung yang cepat dan/atau kacau disebut takikardia atau fibrilasi ventrikel (VT/VF), atau bahkan perlambatan yang sangat dari denyut jantung. Peristiwa ini disebut gangguan irama yang ganas, karena berpotensi menimbulkan kematian. Henti jantung dapat diatasi bila korban dalam tempo kurang dari 4 menit ditolong dengan Resusitasi Jantung Paru (RJP). Harapan hidup semakin besar bila upaya pertolongan dilanjutkan dengan defibrilasi dan bantuan hidup lanjutan (Advanced Cardiac Life Support), dalam tempo kurang dari 8 menit. Oleh karenanya, di negara-negara maju petugas-petugas keamanan seperti polisi dan juga keluarga pasien dilatih untuk mampu menjalankan RJP. Bahkan Automated External Defibrilator (AED) yang berfungsi untuk mengkonfersi irama fibrilasi/takhikardia ventrikel ke irama jantung yang normal disediakan di ruang-ruang airport atau sebagai sarana perlengkapan Polisi.

1 komentar:

  1. Bagi sebagain orang sakit dada disebelah kanan boleh dikata sangat mengganggu, temukan penyebab dan cara mengobati sakit dada sebelah kanan di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan

    BalasHapus